Home » , » Renungan Sahabat: RUT, NAOMI & BOAS

Renungan Sahabat: RUT, NAOMI & BOAS

Ditulis Oleh Admin pada Rabu, 25 November 2015 | 00:44

Renungan Sahabat: RUT, NAOMI & BOAS 
"Bangsamulah bangsaku & Allahmulah Allahku". 
(Rut 1:16.b) Your people will be my people N your Lord my Lord 

RUT & Orpa dua bersaudara menantu Naomi dari anak-anaknya laki-laki Mahlon & Kilyon, ketika mereka imigrasi ke Moab karena ada kelaparan di Betlehem. Mahlon & Milyon mati di Moab menyusul ayahnya Elimelekh yang meninggal lebih dulu di Moab. 

Naomi mau kembali ke Betlehem tanah leluhurnya dan minta kedua menantunya tidak ikut dengannya. Setelah dibujuk terus Orpa kembali ke orang tuanya. Namun Naomi tidak mau, dia tetap keras ikut mertuanya itu ke Efrata di Betlehem. Kata Rut: "Dimana engkau bermalam di situlah juga aku bermalam, bangsa mulah bangsaku & Allahmulah Allahku. 

Boas, saudara Naomi dari Elimelekh suaminya, adalah orang kaya baik hati, petani Gandum dan jelai di Betlehem. Dia sebagai "Penebus" bagi keluarga Elimelekh. Dia membeli tanah Naomi dan dengan demikian secara adat Yahudi mesti menikahi Rut untuk melanjutkan keturunan bagi Elimelekh. Berkatalah Boas kepada tua-tua Israel : "Kamulah pada hari ini menjadi saksi bahwa segala milik Elimelekh & segala milik Kilyon dan Mahlon aku beli dari tangan Naomi". Kawinlah Boas dengan Rut dan Tuhan memberkati mereka dan lahirlah Obed. Obed inilah yang kemudian menjadi ayah Isai, ayahnya Daud raja Israel. Jadi Boas dan Rut adalah kakek dan nenek buyut raja Daud. 

Renungan Sahabat. Kita menyaksikan bahwa Tuhan Allah memperhatikan hati yang tulus seperti Rut. Dia bukan orang Israel tapi mau mengakui Allah sebagai Tuhannya. Dari perkawinan Rut dan Boas inilah Allah berencana terhadap Israel, yaitu lahir Obed, kakek raja Daud, raja Israel. Kesalehan, ketulusan, keikhlasan, kesetiaan dan cinta merupakan sesuatu yang bernilai dihadapan Tuhan. Marilah kita melakukannya. GOD BLESS. 

by Wokman Saragih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kidung Online | Debrian Ruhut Blog | IL Cantante Choir
Copyright © 2013. Catatan Dari Meja Pendeta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger